Bro sekalian, pekan pekan kemarin ( pekan ke 3 Maret 2013) Piaggio Indonesia
baru saja merilis Varian Baru Mesin 3 Klepnya. Buat Piaggio Sendiri
Teknologi 3 Klep untuk Varian Vespa ini sebenarnya sudah di introduksi
sejak Juni 2012, hampir setaun yang lalu. Piaggio Indonesia Baru mengajukan TPT Impor
dari Vietnam akhir November 2012 dan dengan berbagai macam pertimbangan
dan strategy butuh waktu sekitar 4 bulan setelah TPT untuk Merilis
Vespa 3 Klep ini . .. so Kenapa Teknologi Vespa 3 Klep (valve) lebih baik dari Pendahulunya Vespa 2 Klep?
Walaupun sekilas jika melihat bodynya sama banget dengan Vespa
terdahulu (memang Piaggio tetap mempertahankan ke-everlasting-an bentuk
Vespa yang bodynya dari Logam ) , Untuk Bro ketahui dulu bahwa dengan
dirilisnya Vespa bermesin 3 klep disini adalam mesin yang boleh
dikatakan Benar benar BARU . . . ALL NEW ENGINE !! catet Lho Koq Mesin Baru Broo . . . apa Beneeer ? Iyaaa Beneraaan Para Insinyur Piaggio di Pontedera plant benar benar merubah hampir semua Part
dari Mesin 3 Klep ini bila dibandingkan dengan Mesin 2 Klep
pendahulunya. Tujuannya adalah menambah performa sekaligus menambah
efesiensi penggunaan BBM . . . edaaan Kenceng dan irit dua duanya di
kejar broo.
Lebih Irit
Di CrankShaft Mesin 3 Klep ( 2 klep intake- 1 klep out ) SOHC Vespa,
sudut Pivot Kemnya dilakukan update sehingga Friksi/ gesekan pada mesin
di kurangi lalu Penggunaan 2 Klep intake menambah pasokan udara dari
trothel body ini berguna banget untuk meningkatkan pasokan udara.
Pasokan Udara ini yang di kombinasikan dengan bentuk penyemprotan bbm
oleh Injector dan pemosisian busi yang baru untuk memercikan api akan menghasilakan sistem pembakaran yang lebih sempurna . . . ini Kunci dari efesiensi BBM . .. oleh karena itu Piaggio Pede banget mengklaim Vespa Barunya ini lebih irit . . . 1 Liter bbm bisa menempuh 54-55 km/jam pada penggunaan jalan Konstan 50 km/jam . . .
Keiritan Vespa 3 klep ini meningkat 30% dibanding mesin 2 klep
sebelumnya mas bro . . . so Jika misalnya setahun motor 3 klep berjalan
sekitar 5000 km secara total . . ., dengan pemakaian yang sama . ..
Vespa 2 Klep cuma bisa berjalan 3.800 an km doang . . . beda 1.200-an km
broo
Lebih Kenceng
Vespa mendesain Dimensi Baru dari Pistonnya Mas bro . . . Misalnya
saja untuk Varian Vespa LX 150 dan Vespa S 150 . . . Jika ukuran Piston
(bore x stroke) pada vespa 2 klep adalah 62,8 X 48, 6 maka pada Vespa 3 klep ini ukuran dimensi piston adalah 58 X 56,6.
Jika pada Vespa 2 klep, sifat mesinnya adalah Overbore/ Over Square
dimana mesin memiliki stroke yang pendek maka piston akan bergerak
turun-naik lebih cepat. Ini artinya mesin berrevolusi lebih cepat . . .
Motor dengan mesin seperti ini biasanya akan terasa sekali mudah
dibetot untuk mendapatkan RPM yang tinggi.
Sedangkan Pada mesin baru walau dimensi Pistonnya terlihat masih
bersifat overbore, akan tetapi perbedaannya cuma 1,4 mm doang bro . . .
perubahan dari dimensi 62,8 x 48,6 mm ke 58 x 56,6 . . . membuat
karakter mesin dari Vespa 3 Valve ini berubah drastis broo !!!! lebih bersifat ke arah mesin under square atau bahkan hampir aquare . . . Mesin 3 valve strokenya makin panjang, sehingga disinyalir akan sangat terasa bahwa Torsi Vespa 3 Klep sangat terasa merata di RPM rendah sampai menengah, ditambah lagi dengan improvement di Kopling sentrifugal tipe kering . . . atau dengan kata lain diharapkan Akselerasi awal-menengah Vespa 3 Klep ini akan lebih josss .
Banyak Pula yang bilang starter Vespa 2 klep lumayan keras,
njeeedoook/ Mbletak banget . . . nah di Vespa 3 klep ini Para insinyur
Vespa mendesain new free wheel electric starter . . . so Diharapkan menstarter mesin Vespa 3 klep akan lebih ramah suaranya h ehe he
. . . oke deh . .. sekian dulu obrolan ringan di mingu pagi ini .. .
silahkan dikunyah kunyah . . . mau muter muter buitenzorg dulu
pake vespa 2 valve hahahaha . . . semoga Berguna
No comments:
Post a Comment